Skip to main content

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Ada banyak alasan kenapa orang ingin melakukan transfer aplikasi atau game android dari memory internal ke memori external atau micro SD, biasanya orang mengenginginkan hal itu dikarenakan kapasitas internal android yang dimiliki sudah penuh oleh aplikasi ataupun file lainnya. Pada smatphone android versi lawas biasanya memiliki memori internal yang bisa diakatakan kurang spesifikasinya, adroid versi lawas hanya dibekali dengan memori internal tidak lebih dari 1GB.

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Tentu saja hal tersebut sangat tidak enak ketika digunakan, masalahnya saat ini banyak aplikasi dan game yang tersedia pada playsotre sudah memiliki size berukuran besar akan sangat berat ketika digunakan. Bagi kalian yang sudah mempunyai android atau tablet dengan keluaran terbaru, sudah pasti masalah ini tidak akan terjadi apalagi bila kalian jarang mengistall aplikasi.

Satu hal yang perlu kalian ketahui adalah semakin banyak menginstall aplikasi dan game di hp android bisa menurunkan performa android itu sendiri, biasanya yang sering kali dirasakan saat performa turun adalah semaklin lemot smartphone. Hal seperti ini terjadi biasanya dengan alasan karena memori internal bersifat terbata, yang kedua adalah sebesar apapun dan seberapa cepat memori eksternal dalam read write masih kalah dengan memori internal hp android.

Baca Juga : - Andorid Kamu Lemot? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Selanjutnya dari penjelasan yang sudah dijabarkan diatas tadi, maka kita dapat simpulkan jika hp android kita memiliki memori internal besar maka kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi android di memori eksternal, akan tetapi nbila kamu sudah memiliki memori internal yang besar dan tetap mengalami masalah yang diakibatkan memori internal yang penuh dikarenakan terlalu banya menginstal aplikasi dan game, maka anda dapat menggunakan cara ini.
cara yang mudah dan simple, disini saya akan memberikan dua cara mudah dalam memindahkan aplikasi android dari internal ke memori eksternal hp android.

Untuk dapat memidahkan aplikasi android ke eksternal memori kita dapat menggunakan bantuan aplikasi Link2SD, cara ini termasuk cara yang sangat mudah untuk  dapat memindahkan aplikasi dan game android dari memori internal ke sd card/mciro sd di hp android. Adapun cara – cara untuk dapat memindahkan aplikasi android ke sd card adalah sebagao berikut ini.

A. Memindahkan Aplikasi & Game Android ke Eksternal SD Card Meggunakan Aplikasi Link2SD

Baca Juga : - Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Web Di Komputer

Pada cara yang pertama ini kita menggunakan bantuan dari aplikasi yang bernama Link2SD, aplikasi link2sd sangat berguna untuk memindahkan banyak data dan aplikasi sekaligus dari memori internal ke memory eksternal dengan cepat dan mudah.

Caranya sangatlah mudah, kalian tinggal ikuti cara dibawah ini untuk dapat memindahkan aplikasi ke SD Card.

  1. Pastikan hp android kalian sudah dalam keadaan di root.
  2. Lalu kamu perlu menyiapkan memori eksternal, untuk ukuranya bebas tapi menurut saya lebih baik jika minimal size nya 4GB dan pastikan sudah di partisi. Tujuanya agar lebih optimal ketika menyimpan aplikasi lebih banyak. Bila memori yang digunakan semakin besar maka akan semakin bagus.
  3. Langkat berikutnya adalah kamu perlu menginstall terlebih dahulu aplikasi Link2SD.
  4. Bila sudah menginstall aplikasi link2sd, sekarang buka aplikasi tersebut.
  5. Pada saat pertama kali app link2sd dibuka, anda pilih fat32/fat16, Kemudian klik OK.
  6. Kemudian akan muncul pop-up “Restart Your phone” , Lalu restart hp android kalian dan Link2SD sudah siap untuk digunakan.
  7. Langkah berikutnya kalian tinggal memilih aplikasi mana yang indin dipindahkan ke sd card, caranya tekan tombol opsi pilihan & kemudian klik multi select. Kamu dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau bisa dengan manual centang satu satu aplikasi.
  8. Ketika berhasil maka akan muncul pop-up “Restart Your phone” nah anda sudah berhasil menginstall link2sd dengan baik.
  9. Berikutnya pilih aplikasi mana saja yang akan dipindahkan ke sd card, caranya tekan softkey atau tombol opsi pilihan & kemudian klik multi select. Atau kamu dapat memilih semua aplikasi dengan memilih opsi select all, atau bisa dengan manual centang satu satu aplikasi.
  10. Jika kamu sudah selesai memilih aplikasi atau game yang ingin dipindahkan ke sd card, selanjutnya sentuh softkey lalu pilih create link.
  11. Kemudian anda klik centang pada tiga menu yang muncul tiga menu, anda tinggal centang seluruhnya dan klik OK.
  12. Selanjutnya anda tinggal menunggu proses hingga selsai.


B. Cara Memindahkan Aplikasi & Game HP Android ke Memory Ekternal Tanpa Aplikasi & PC

Cara ini adalah cara yang sangatlah mudah dan praktis untuk dapat memindahkan aplikasi dari memori internal ke sd card, adapun caranya sebagai berikut.


  1. Pertama masuk ke pengaturan telepon / setting.
  2. Lalu pilih “Aplikasi“.
  3. Kemudian Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang terinstall, lalu pilih/klik aplikasi mana yang ingin dipindahkan, dan tekan tombol Move to SD Card.
  4. Selesai, sekarang aplikasi atau game kalian sudah pindah tempat dari memori internal ke SD Card

Kalian dapat memindahkan aplikasi lainya dengan menggunakan cara diatas secara manual atau satu persatu.

Memori internal akan lebih bebas dan ringan karena aplikasi yang tadinya ada pada memori internal sudah berpindah ke memori eksternal,

Cukup sekian tutorial cara memindahkan aplikasi & game android ke memori eksternal micro sd card hp android, jika sobat masih kebingungan dengan cara diatas, kalian dapat kirimkan pertanyaan di kolom komentar dibawah, selamat mencoba semoga berhasil. Resiko dan Kesalahan terjadi silakan ditanggung sendiri ya sob.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar