Jangan Upgrade OS Android ke Versi Lebih Tinggi! Berikut Ini Alasannya

Sudah banyak sekali tips dan cara yang tersebar di dunia maya untuk melakukan upgrade OS android/ sistem opereasi android yang kalian punya. Banyak sekali alasan para pengguna untuk melakukan peningkatan kualitas sistem opersai pada smartphone mereka.
Upgrade OS Android ke Versi Lebig Tinggi


Salah satu alasannya adalah agar tidak ketinggalan jaman untuk masalah android. Dengan banyaknya fitur terbaru yang ditawarkan pada versi lebih tinggi, pasti kalian jarang memikirikan dampak negatif  dari mengupgrade OS android.

Banyak sekali efek buruk apabila kalian tetap memaksakan untuk melakukan upgrade sistem ke versi yang terbaru. Berikut ini adalah beberapa contoh efek samping dari buruk nya melakukan upgrade OS android.

1. Beresiko Pada Hardware.
Bila kalian melakukan upgrade sistem pada ponsel pintar yang kalian miliki, yang pertama kali merasakan efeknya adalah hardware ponsel itu sendiri. Contoh misal kalian sebelumnya menggunakan versi anroid kitkat terus di upgrade ke android versi marshmalllow, ini akan memaksa hardware ponsel untuk bekerja lebih powerfull. Hal ini akan mengakibatkan memperpendek usia dari  hardware smartphone itu sendiri.

2. Batereai Menjadi Semakin Boros
Biasanya dengan mengupgrade sistem operasi terbaru pasti akan menginstal beberapa aplikasi baru / bloatware yang sebenarnya mungkin tidak berguna untuk sebagian orang. Aplikasi ini akan berjalan di latar belakang sehingga akan menguras daya baterai.

Baca Juga :


3. Aplikasi Menjadi Force Close
Permasalahan force close sebenarnya disebabkan karena kemampuan dari hardware dengan sistem operasi yang dimiliki ponsel itu sendiri tidak cocok.

4. Hardware Menjadi Tidak Berfungsi
Melakukan upgrade sistem adalah untuk memperbaiki bug, akan tetapi akan menimbulkan bug yang baru. Bug ini biasanya akan mengakibatkan hardware akan menjadi tidak berfungsi seperti tidak berfungsinya lampu flash, radio FM tidak dapat digunakan, kualitas kamera menjadi jelek atau bahkan menjadi tidak berfungsi.

5. Terkena Virus atau Malware
Sebenarnya bila kalian upgrades sistem secara resmi hal ini tidak akan pernah terjadi. Tapi jika kalian melakukan upgrade sistem secara tidak resmi maka sebaiknya berhati - hati, sebab virus atau malware akan mengancam smartphone kalian.

Itulah 5 contoh dampak negatif yang akan ditimbulkan ketika kita melakukan upgrade OS android. Mungkin masih ada banyak masalah yang sering timbul ketika kita melakukan upgrade sistem operasi pada ponsel.

Maka sebaiknya sebelum melakukan upgrade sistem, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apakah spesifikasi hardware ponsel kalian mampu atau tidak untuk menjalankan sistem operasi dengan versi yang terbaru. Jangan dipaksankan jika hardwarenya tidak mampu, sebab banak resiko yang akan kalian hadapi.

kesimpulan: Sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untuk masalah spesisifikasi handphone yang kalian punya sebelum kalian melakun upgrade sistem operasi ke versi terbaru. Bila hardware tidak support dengan sistem terbaru maka banyak permasalahan yang akan kalian temukan.