Cara Masuk BIOS Laptop Asus untuk Mengatur Booting CD atau USB

Pengguna laptop seringkali kebingungan saat harus masuk ke menu BIOS, karena pada dasarnya setiap pabrikan menerapkan cara yang berbeda-beda. Khususnya pengguna laptop Asus, sebenarnya cara masuk BIOS laptop Asus sangat mudah dilakukan. Kamu jadi tak perlu bingung lagi saat hendak melakukan pengaturan BIOS untuk booting CD atau USB. Namun sebelum memulai penjelasan tersebut, mari pahami dulu apa itu BIOS dan untuk apa kegunaannya.
Cara Masuk BIOS Laptop Asus untuk Mengatur Booting CD atau USB

Pengertian BIOS dan Kegunaannya

BIOS adalah singkatan dari Basic Input/Output System yang mana merupakan sebuah program untuk mengatur hardware pada komputer. BIOS berbeda dengan sistem operasi yang terpasang pada harddisk karena letaknya adalah di ROM atau flash memory. BIOS juga membutuhkan baterai CMOS yang berfungsi untuk menjaga pengaturan agar tidak berubah saat komputer dimatikan.

Tugas BIOS sendiri sangatlah penting, salah satunya adalah untuk booting atau memuat sistem operasi. Di dalam sistem ini juga terdapat beberapa instruksi pada mikroprosesor, antara lain adalah untuk menyalakan komputer dan menguji status pengoperasian hardware yang terpasang pada komputer.

Selain itu ada pula beberapa pengaturan lain terkait komponen lain seperti kartu grafis, manajemen jam dan tanggal, pengaturan harddisk, dan pengaturan booting CD atau USB. Nah, inilah yang akan kita bahas, mulai dari cara masuk BIOS laptop Asus hingga bagaimana cara mengaturnya.

Cara Masuk BIOS Laptop Asus dengan Mudah

Umumnya untuk masuk ke BIOS di komputer kamu harus menekan tombol DEL pada keyboard ketika komputer sedang dalam proses booting. Akan tetapi pada laptop, khususnya merek Asus, cara yang digunakan sedikit berbeda.

Untuk masuk BIOS di laptop Asus, pertama-tama tentu laptop kamu harus dalam keadaan mati. Kemudian tekan tombol power. Ketika laptop mulai booting, tekan tombol F2 berkali-kali sampai muncul tampilan BIOS. Akan tetapi ada pula cara lain yang bisa kamu lakukan, yakni dengan tekan dan tahan tombol F2 terlebih dahulu lalu baru tekan tombol power.

Dalam pengaturan BIOS di laptop Asus, tombol F9 berfungsi untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Sedangkan F10 berfungsi untuk menyimpan secara otomatis pengaturan baru.
Nah, jika kamu sudah paham tentang bagaimana cara masuk BIOS laptop ASUS, berikutnya adalah penjelasan mengenai cara mengatur booting CD atau USB.


  • Mengatur Booting CD atau USB di BIOS

Untuk menggerakkan kursor, cukup dengan tombol arah di keyboard dan gunakan tombol Enter untuk masuk ke menu.
1. Setelah masuk ke BIOS, kamu pilih tab Boot.
2. Kemudian pilih booting mana yang ingin diletakkan di urutan teratas.
3. Misalkan kamu ingin booting CD, maka letakkan CD di urutan teratas. Jika ingin booting USB, maka letakkan USB di urutan teratas. Biasanya untuk memindahkan urutan pada BIOS menggunakan tombol +/- atau PageUp/PageDown.
4. Keluar dari menu booting, lalu tekan F10 > tekan tombol “Y”, maka laptop atau komputer akan me-restart.
Apabila proses booting ini akan digunakan untuk instalasi Windows, maka sebelum mengatur BIOS pastikan kamu sudah memasukkan DVD installer Windows atau menancapkan USB Windows untuk pemasangan. Dengan begitu saat komputer me-restart, maka akan langsung masuk ke instalasi.


  • Cara Lain Mengatur Booting CD atau USB di BIOS

Langkah-langkah di atas hanya akan berlaku untuk laptop Asus lama atau yang menggunakan BIOS versi lama. Kemungkinan laptop Asus terbaru akan menggunakan BIOS versi baru pula, jadi tampilan dan pengaturannya pun akan sedikit berbeda. Nah, apabila kamu tidak bisa menemukan pilihan menu seperti contoh di atas, coba lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Setelah berhasil masuk ke menu BIOS pilih Boot.
2. Pilih dan tekan Enter pada Launch CSM > kemudian pilih Enabled.
3. Masuk ke tab Security.
4. Pada Secure Boot Control tekan Enter lalu pilih Disabled.
5. Sekarang saatnya mengatur booting dari CD atau USB. Masuk ke tab Save & Exit, di bagian Boot Override kamu akan menemukan pilihan USB drive atau CD-ROM (biasanya yang ditampilkan adalah nama merek CD-ROM). Pilih salah satu sesuai kebutuhan kamu.
6. Tekan F10 supaya konfigurasi tersimpan.
7. Tekan dan tahan tombol ESC di keyboard untuk mematikan laptop. Lalu tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop, yang mana kali ini akan memulai atau booting dari perangkat yang kamu pilih.

Di sini kamu juga harus pastikan bahwa DVD installer ataupun USB Windows sudah harus terpasang di laptop supaya proses booting bisa langsung dimulai.
Demikian penjelasan tentang bagaimana cara masuk BIOS laptop Asus dan melakukan pengaturan booting di dalamnya.

Namun apabila laptop kamu ternyata rusak, mungkin kamu perlu beli yang baru. Kunjungi Bhinneka.com untuk mendapatkan laptop Asus baru dengan beragam pilihan dan harga-harga yang terjangkau.

0 Response to "Cara Masuk BIOS Laptop Asus untuk Mengatur Booting CD atau USB"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik, jika tidak maka dianggap spam. Terimakasih

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel