18+ Tips Menghemat Baterai Pada Android

Android merupakan smartphone yang terkenal dengan baterainya yang boros. Hampir semua aplikasi yang terpasang didalam sistem android adalah aplikasi online. Jadi meskipun kita tidak menggunakan smartphone Android kita, aplikasi yang ada di handphone kita akan tetap berjalan melalui latar belakang. Sehingga handphone kita tidak benar - benar dalam keadaan standby.

Setiap smartphone mempunyai kapasitas baterai yang berbeda - beda, apabila kita memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang rendah, sudah pasti dalam 1hari kita harus berulang kali melakukan isi ulang baterai android kita.

18+ Tips Menghemat Baterai Pada Android

Tapi tenang saja, disini saya akan membagikan tips berdasarkan pengalaman saya, tentang bagaimana cara menghemat baterai android kita supaya awet dan tahan lama. Silakan baca artikel ini sampai selesai supaya kita dapat menghemat konsumsi baterai pada android yang kita miliki dengan maksimal.

Baiklah tidak usah banyak basa basi, karena saya bukan orang yang seperti itu. Langsung saja silakan baca dan praktekan sendiri.

1. Minimalkan Kecerahan Layar
Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan meminimalkan kecerahan layar sampai serendah mungkin. Sebab kecerahan layar yang terang akan membutuhkan daya baterai yang tinggi. Aturlah kecerahan layar serendah mungkin secara manual sesuai dengan kenyamanan mata kita.

Jangan pernah memakai fitur auto brightness, sebab fitur ini masih memberikan kecerahan layar yang lebih terang dari kenyamanan mata kita, sehingga fitur tidak efektif untuk menghemat konsumsi baterai android.

2. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, serta Wi-Fi.
Selanjutnya yakni cara yang kedua adalah dengan mematikan fitur GPS, Bluetooth, NFC, serta Wi-Fi. Lebih baik kita mematikan ke empat fitur tersebut, karena jika semua fitur itu hidup ke  fitur tersebut akan terus mencari sinyal. Gunakanlah fitur GPS, Bluetooth, NFC serta Wi-Fi saat kita membutuhkannya saja.

3. Hapus Atau Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Semua Aplikasi yang ada pada handphone Android memiliki fitur dapat berjalan melalui latar belakang. Jadi saat kita tidak menggunakannya, aplikasi - aplikasi yang ada di hp kita akan tetap berjalan. Sehingga lebih baik hapus saja aplikasi yang tidak pernah kita pakai atau menonaktifkan aplikasi - aplikasi tersebut.

4. Nonaktifkan Fitur Getaran
Fitur getaran adalah salah satu penyebab penguras daya baterai. Sebab motor elektrik yang digunakan untuk dapat menghasilkan getaran membutuhkan energi baterai yang besar. Jadi semakin sering handphone kita bergetar maka semakin banyak daya baterai yang terkuras karena fitur getaran.

5. Jangan Terlalu Banyak Memasang Widget
Widget yang ada pada handphone android berfungsi untuk mempercantik penampilan layar handphone kita. Akan tetapi bila kita memasang banyak widget hp kita akan menjadi lemot.

Selain dapat memperlambat kinerja Android, Widget juga dapat menguras energi baterai. Maka dari itu gunakanlah widget yang kita perlukan saja, seperti contoh widget jam.

6. Aturlah Waktu Tidur Handphone Kita
Mengatur waktu tidur supaya handphone kita dapat otomatis on off sangat berguna untuk menghemat konsumsi baterai. Sebab ketika kita tidur handphone kita akan mati secara otomatis setelah kita mengatur waktu nya.

7. Pasang Aplikasi Tambahan
Download aplikasi tambahan untuk menghemat konsumsi baterai di play store. Cara ini dapat kita gunakan meskipun menurut saya cara ini kurang efisien,tapi tidak salahnya kita mencobanya.

8. Mematikan Animasi Layar
Sadar atau tidak pada perangkat android setiap tindakan yang kita lakukan mempunyai animasi. Tapi animasi tersebut sangatlah berpengaruh pada baterai android dimana baterai akan cepat habis. Jadi lebih baik matikan saja fitur animasi pada android kamu.

9. Mematika fitur OK Google
Fitur Ok google merupakan salah satu faktor penyebab baterai menjadi boros. Karena fitur Ok google berjalan pada latar belakang di sistem anroid. Alangkah baiknya kita menonaktifkan OK Google jika kita tidak menggunakan fitur ini.

10. Mode Hemat Baterai
Semua android pasti dibekali mode hemat baterai, mode ini berguna jika kita ingin baterai android kita menjadi lebih awet.

11. Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis
Banyak sekalai aplikasi android yang membutuhkan perijinan untuk melakukan sikronisasi secara otomatis. Hal ini menyebabkan android kita selalu melakukan proses pada latar belakang. Sehingga dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis dapat menghemat baterai android.

12. Update Aplikasi Dengan Versi Terbaru
Aplikasi yang buruk adalah aplikasi yang bisa menyebabkan baterai menjadi boros, sehingga para developer selalu mengupadate aplikasi yang mereka buat, hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug dan mengoptimalkan kinerja dari aplikasi yang mereka buat.

13. Pasang Aplikasi Penghemat Baterai
Dengan memasang aplikasi penhemat baterai android, kamu bisa seting aplikasi apa saja yang harus dinonaktifkan, sehingga pada android kamu tidak banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang.

14. Matikan HotSpot
Hotspot adalah perangkat berbagi memlalui wi fi. Bila mengaktifkannya terus sudah pasti hp android kalian akan cepat habis baterainya.

15. Pasang Wallpaper Berwarna Hitam Untuk Layar Amoled
Untuk android yang memiliki layar amoled lebih baik menggunakan wallpaper berwarna hitam. Alasannya adalah layar amoled bekerja memberi penerangan pada warna cerah seperti putih dan warna lain, sedang untuk untuk warna hitam dan warna gelap lainnya hanya membutuhkan sedikit penerangan.

16. Percepat Waktu Tidur Layar
Tampilan layar adalah faktor pertama yang mengakibatkan baterai boros. Jadi usahakan seting waktu tidur layar secepat mungkin, kalian bisa mengatur dengan durasi 15detik, 30detik, 1menit, 2menit, atau sesuai dengan kemauan kamu.

17. Manfaatkan fitur Doze
Untuk kalian yang sudah menggunkan android 6.0 (Marsgmallow) dan versi lebih tinggi bisa memanfaat fitur doze untuk menghemat baterai. Fitur ini bekerja pada saat android kalian benar-benar terdiam.

18. Mengaktifkan Notifikasi Pada Layar Kunci
Fitur ini sangat berguna untuk menghemat baterai, sebab kamu tidak perlu membuka kunci android dan masuk ke homescreen hanya untuk mengecek notifikasi.

19. Matikan Getaran 
Getaran yang ditimbulkan dari android kalian membutuhkan energi dari baterai. Apabila kita mengaktifkan fitur getar maka setiap notifikasi yang masuk hp akan bergetar terus, sehingga baterai akan menjadi boros. Jadi lebih baik matikan fitur getar dan gunakan saja fitur suara untuk notifikasi.

20. Aktifkan Mode Pesawat
Biasanya saat ada pemadaman listrik atau gangguan operator sinyal akan menjadi lemah. Pada saat seperti ini mode pesawat sangat dibutuhkan. Sebab saat sinyal menjadi lemah hp kalian akan mencari sinyal terus menerus yang mengakibatkan pemborosan pada baterai.

21. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Cara ini sangar berguna sebab semua aplikasi yang ada pada hp android memiliki perijinan untuk menggunakan data yang berjalan pada latar belakang.  Hal ini mengakibatkan baterai menjadi terbuang sia-sia karena digunakan oleh aplikasi yang jarang terpakai.

Cara menghemat baterai diatas bisa digunakan pada semua Smartphone baik Android,IOS maupun windows phone dan yang lainnya. Itulah tips cara menghemat konsumsi baterai android pada handphone yang kita punya.

Jangan lupa share artike ini kepada teman, saudara, kerabat, maupun teman yang ada disosial media yang kalian miliki. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih atas kunjungannya.